22.7.06

Sepenggal Perjalanan PT Cipta Visi Sinar Kencana (CVSK)


 
Melayani secara interaktif melalui radio http://radio.kencanaonline.com diharapkan melayani pelanggan khususnya dan masyarakat umumnya akan kebutuhan informasi teknik dan manajemen pengelolaan sampah, energi terbarukan berbasis sampah dan biomassa, pengembangan usaha pertanian serta ikhtiar pelestarian lingkungan pada umumnya. Pendengar bisa menghubungi radio melalui telepon: +62-22-87800115

PT.Cipta Visi SINAR KENCANA (CVSK) adalah perusahaan yang sedang tumbuh. Saat ini CVSK memiliki bidang usaha sebagai Perusahan Prinsipal produk yang dicirikan "Unique- Healthy & Eco Friendly" dalam katagori produk: A. Family Articles (Unique Snack, Herbal, Mahogany Handicraft, Chemicals Free Rice, Coffe dan Tea), B. Gardening Articles ( Composter, Pupuk Tanaman Hias, Compost, Liquid Organic Fertilizer) dan, C. Pupuk Majemuk Spesifik Tanaman (Gramafix).
CVSK memiliki saluran Penjualan (Sales Channeling) secara ONLINE melalui situs dagang http://www.kencanaonline.com serta saluran penjualan OFFLINE melalui keagenan di berbagai Propinsi dan luar negeri serta sedang membangun Network Marketing ( MARK-Line KenCana). Masih secara secara Offline, CVSK juga sedang mengembangkan jaringan outlet (gerai) sendiri maupun menawarkan kepada usahawan lainnya di berbagai kota terpilih. Dalam kepentingan mengenalkan produk dan melayani pelanggan, CVSK membuka penjualan langsung bergerak- dengan nama Direct Selling Mobile (DSM).
Saat ini, tahun 2006, KencanaOnline memiliki agen di lebih dari 20 Propinsi di Indonesia, kemudian baru saja dibuka di Kuala Lumpur, Brunei serta 1 ( satu) outlet ( gerai) di Liang Court RiverValley Singapore dan 3 outlet/ gerai sendiri di Bandung dan 1(satu) di Batam. Disamping line bisnis -sebagai Principal Company dari aneka produk tersebut diatas, telah lebih dari 2 ( dua) tahun PT. CVSK- menggunakan bendera perseroan PT PASKA KONSULTAN ( PT.PK) pada dasarnya bernaung dalam permodalan sama- memiliki 2 outlet sarana pemasaran dan business services - MarkNet ( www.marknet.co.id) - untuk melayani segmen pengusaha dan perusahaan- khususnya Usaha Kecil dan Usaha Mikro (UKMK) dalam menjalankan bisnis dan pemasarannya.

Dalam menjangkau dan memperbaiki layanan kepada target pelanggan di berbagai keagenan, outlet/ gerai dan konsumen tersebar di berbagai area tersebut, CVSK memiliki perwakilan di Surabaya, Pekanbaru dan Medan dan akan terus dikembangkan diantaranya dalam waktu dekat di Manado dan Jakarta**)

Menggapai Visi, Memperjuangkan Misi

PT. CV SINAR KENCANA, didirikan pada awalnya sebagai Perseroan Komanditer (CV) tahun 1985 di BOGOR, kemudian mengalami perobahan terakhir - sebagai Perseroan Terbatas (PT) dengan Akta Pendirian dihadapan Notaris Ano Muhamad Nasruddin, SH, No Akta: 04 tgl 5 okt 05 serta, memiliki No Pendaftaran Departemen Kehakiman RI No.C-03484 HT.01.01 Th 2006 STRATEGILINE OF BUSINESS
Keasrian lingkungan - sebagai cermin keseimbangan ekosistem- dimulai ketika setiap rumah, kantor dan lingkungan komersial memelihara kebersihan dengan mengelola sampah menjadi kompos, menggunakannya pada tanaman pekarangan jenis tanaman berkhasiat ( tanaman obat) maupun sayuran - sekedar tambahan bagi pemenuhan kebutuhan dapur sehari-hari- yang akan turut menjamin bagi peningkatan derajat kesehatan keluarga dan masyarakat.
Memperjuangkan agar setiap keluarga menyukai tanaman - dengan menggunakan komposter, menggunakan kompos, pupuk organik cair dan pupuk tanaman hias adalah langkah kecil menuju penciptaan lingkungan yang makin hijau dan asri - yang berarti turut menyumbang pada penciptaan keseimbangan ekosistem alam, serta yang akan membuat manusia makin bersahabat dan dekat dengan alam.
Kita semua telah jenuh dan bosan dengan kegersangan, panas dan berdebu dari alam sekitar dimana kita tinggal, bukan ? Maka, mulailah dengan menyampaikan pesan kepada sesama agar menjalin persahabatan kepada alam. Tanpa persahabatan, kita telah belajar banyak dari berbagai bencana yang ditimbulkan alam juga bisa membunuh, menyusahkan dan membuat manusia menjadi sulit.

Family Articles

Keluarga Indonesia makin dijejali dengan makanan "junk-food", pangan instant kurang gizi dan produk pangan rendah gizi lainnya - sebagai hasil kehebatan iklan membangkitkan keinginan ( awareness) fikiran anak-anak, remaja maupun kalangan masyarakat umum di kota , yang dengan cepat kemudian merobah pola dan kebiasaan konsumsi. Tanpa sadar, suatu saat dirasakan, bahwa mengkonsumsi aneka makanan itu menimbulkan berbagai resiko dan menurunkan derajat kesehatan. Memberi kesadaran kepada khalayak bahwa, sesungguhnya banyak tanaman berkhasiat ( di sekitar alam Indonesia kita - yang terkaya dengan plasma nutfah) akan memberi sumbangan pada meningkatkan derajat kesehatan keluarga, tetangga dan masyarakat sekitar kita.

Sampaikanlah bahwa herbal alami, snack dan camilan bergizi ( yang bebas kandungan gula tebu dan gula buatan serta bebas bahan pengawet kimiawi), bahan makanan pokok beras "chemicals free" serta kopi dan teh hijau ( green tea) - yang kebanyakan hasil karya UKMK ini - akan membantu menangkal aneka ancaman penyakit berkat kandungan antioxidant di dalamnya.


Pupuk Spesifik Tanaman

Kelompok produk Pupuk Majemuk Spesifik Tanaman adalah pelopor teknologi pemupukan- setelah pupuk majemuk spesifik lokasi atau pupuk flexibel formula Gramalet- yang akan membantu pengguna ( pengusaha agribisnis dan petani ) menjadi lebih efisien mengelola usaha perkebunan dan usaha tani-nya. Dengan pupuk terformulasi spesifik per tanaman- kegiatan memupuk tanpa harus direpotkan oleh mencampur, mengoplos dan menghitung aneka campuran unsur hara lagi. Tanam jenis tanaman apapun tinggal sediakan Gramafix - pupuk spesifik per tanaman. Kabarkan ke semua petani dan pengusaha pertanian di tanah air, menggunakan pupuk secara bijaksana adalah menggunakan kandungan unsur hara pada komposisi dan jenis unsur hara - yang spesifik per tanaman dan hal ini akan menghasilkan perolehan pendapatan yang makin meningkat, mengurangi beban tenaga kerja perkebunan, beban kerja di kebun dan sawah serta makin efisien.

( Market Places & Networking)
Menjadi usahawan kecil dan mikro (UKMK) akan merasakan beratnya investasi peralatan kantor modern padahal, dilain pihak, diyakini peralatan modern itu sangat membantu efektivitas manajemen mencapai tujuan usaha. Terlebih menggunakan teknologi internet, banyak hal yang bisa dilakukan dengan cepat dari mulai berkirim surat sampai kepada promosi, urusan keuangan dan Bank, kepersonaliaan, pembukaan perwakilan di berbagai area target pemasaran dan bahkan menyelenggarakkan pembukuan yang baik. Kabarkan kepada mereka, para usahawan kecil dan usahawan mikro, tanpa harus mengadakan sendiri peralatan yang mahal masing-masing- bahwa ada layanan profesional bisnis ( business services) Mark Net- setidaknya saat ini di 2 ( dua) lokasi di Bandung selalu siap melayani usahawan akan kebutuhan support pameran- digital printing- desain dan multi media.
STRUKTUR ORGANISASI

Bagusnya visi dan menggebunya misi diperjuangkan tak akan berarti tanpa organisasi yang handal sebagai alat (tools) mencapai tujuan. Organisasi yang efektif adalah, jika para personal organisasi - secara bersama memiliki mimpi dan tujuan sama. Komando kerja bukan lagi atas dasar instruksi atasan melainkan, lebih karena semua personil memang ingin memberikan konstribusi - tanpa selalu karena penilaian atasan. Perilaku personal organisasi - yang selalu ingin menyumbang "sesuatu"- sekecil apapun kepada upaya pencapaian tujuan organisasi perusahaan akan jauh lebih mahal, lebih berarti dan lebih berharga dibanding peningkatan profesionalisme semata.

MOTO

Dalam suatu diskusi terbatas para aktivis kampus dengan Gus Dur di sebuah asrama mahasiswa di Bogor, dari malam sampai pagi di tahun 1981, terlontarkan kritik tajam seorang Gus Dur kepada para aktivis yang lebih suka bicara masalah-masalah nasional tapi tidak terampil dalam mengurus sesuatu di level mikro. Maka lahirlah motto perusahaan ini, mengambil kesimpulan diskusi tersebut, menjadi :


Memahami proses berfikir dan perjalanan usaha CVSK- yang sudah menginjak 20 tahun- dan diantaranya tercermin dari rumusan Visi dan Misi diatas memang bukan hal sederhana. Namun, dilain pihak, disadari kalau semua personalia harus memahaminya. Dengan memahami Visi dan Misi, seseorang yang berada di dalamnya akan memberi sumbangan kepada organisasi ini untuk makin tangguh, makin bertumbuh dan makin memberikan sumbangan pada peningkatan kesejahteraan bangsa- sebagaimana misinya.****)